BeritaTerkini

Ujicoba Operasional Model Pembelajaran Pendidikan Kebangsaan AUD berbasis budaya lokal Suku Anak Dalam

Pelaksanaan Kegiatan ujicoba operasional model pembelajaran pendidikan kebangsaan anak usia dini berbasis budaya lokal Suku Anak Dalam  berlangsung dari tanggal 22 sd 29 September 2019, tempat di Paud Cempaka Desa Sungai Kijang Kecamatan Rawas Ulu Kab. Muratara, sebanyak 25 anak yang terdiri dari 9 anak Suku Anak Dalam, dan 16 anak non SAD. Kegiatan pembelajaran sub Tema Tanah Air ku dan Sub Tema Budaya ku, dilaksanakan dengan menggunakan media belajar yang variatif, Anak-anak Suku Anak Dalam sangat aktif dan antusias dalam belajar meskipun mereka tidak berseragam seperti Anak non SAD. Akan tetapi mereka belum bisa membaur dengan Anak non SAD, hal ini dilihat dari tempat duduknya maupun ketika bermain di luar ruangan mereka memilih memisahkan diri. 
Bunda Paud Desa, Bu Eka, juga ikut terlibat dalam kegiatan parenting menyampaikan materi penting nya belajar dan pentingnya pengelolaan paud berkualitas, tokoh masyarakat atau pemangku adat Suku Anak Dalam Bp. Jasmadi telah menyampaikan materi mengenal budaya lokal Suku Anak Dalam.   Begitu juga dengan orang tua SAD dan orang tua non SAD, mereka sama-sama aktif mengikuti kegiatan parenting namun orang tua SAD memilih memisahkan diri tempat duduknya dengan orang tua non SAD, hal ini karena kurangnya percaya diri dan minder (orang SAD menganggap dirinya kotor dan bau karena jarang mandi).

Menurut ibu guru Dani Marlina, memang seperti itu karakter mereka, orang SAD menganggap dirinya kurang bersih, apabila ada kegiatan masak memasak mereka lebih memilih pekerjaan mencuci piring dari pada pekerjaan meracik makanan, maksud nya supaya tidak jijik.  Walaupun demikian, menurut Bu Eka, Bunda paud desa, orang SAD sangat memahami hak dan kewajiban nya sebagai warga negara Indonesia, ketaatan nya dalam membayar pajak tepat waktu , keikutsertaan dalam pemilu, keaktifan dalam bergotong royong tidak diragukan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *