Home

Selamat Hari Lahir Pancasila

Sahabat PAUDDIKMAS, dua hal penting yang perlu diingat dalam momentum peringatan hari lahirnya PANCASILA

Pertama, Pancasila bukanlah hanya lima poin yang dibacakan saat upacara bendera. Pancasila bukan hanya untuk dibaca, didengar, ataupun dimengerti. Melainkan, Pancasila harus dipraktikkan dalam kehidupan Anda sehari-hari. Setiap sila yang terdapat di dalamnya tentu pernah Anda hafalkan makna dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari pada saat Anda duduk di bangku sekolah dulu. Kini, saatnya Anda bukan lagi menghafal, melainkan melakukannya.

Dengan betul-betul melaksanakannya dalam kehidupan Anda sehari-hari, Pancasila akan tertanam di dalam hati tidak hanya sebagai identitas bangsa, melainkan juga sebagai identitas Anda sebagai rakyat Indonesia.

Kedua, cintailah Indonesia beserta dengan Pancasila sebagai dasarnya. Berawal dari rasa cinta terhadap bangsa sendiri, Anda akan mampu mengerti betapa pentingnya pelaksanaan Pancasila di tengah-tengah rakyat Indonesia—bahwa Pancasila diciptakan untuk memastikan kelangsungan kehidupan Indonesia. Pancasila adalah sesuatu yang tidak dapat digantikan dengan apapun juga—dulu, kini, dan sepanjang masa.
#SelamatharilahirPANCASILA
#SahabatPAUDDIKMAS
#Bersamokitopacak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *