ArtikelBerita

Kegiatan Sosialisasi Implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Penyelenggaraan PAUD Pra SD tahun 2019 di Kabupaten Ogan Ilir

 

 

 

 

 

 

 

Indralaya (31/07/2019), Kabupaten Ogan Ilir mengadakan Kegiatan Sosialisasi Implementasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Penyelenggaraan PAUD Pra SD tahun 2019 bertempat di Ruang Rapat Bupati Ogan Ilir. Kegiatan sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam yang dihadiri Sekretaris Daerah, Asisten Daerah, Kepala OPD, Camat, Korwil Pendidikan, Kepala Desa, Himpaudi dan IGTKI bertempat di Ruang Rapat Bupati Ogan Ilir.

Kepala BP PAUD dan Dikmas Sumatera Selatan Bapak Drs. Dadang Sudarman Trisutalaksana sebagai undangan Narasumber dalam sambutanya mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dihadiri dari berbagai Lembaga tersebut , dikarenakan  keterlibatan lembaga-lembaga tersebut akan menggerakan kesadaran masyarakat pentingnya pendidikan anak usia dini, penyelenggaraan PAUD 1 tahun sekolah pra SD sangat penting untuk membekali anak yang berkarakter dan berdaya saing. Oleh karena itu Pemerintah Daerah mesti memperkuat penyelenggaraan PAUD 1 tahun Pra SD.

Beliau juga menjelaskan dalam paparan materinya, penyelenggaraan program PAUD 1 tahun pra SD merupakan tindak lanjut dari komitmen dunia program pembangunan berkelanjutan, target SDGs tahun 2030 memastikan bahwa semua anak perempuan dan laki-laki mendapat akses terhadap pengembangan masa kanak-kanak secara dini yang berkualitas, juga pengasuhan dan pendidikan pra-dasar agar mereka siap untuk masuk ke pendidikan dasar telah diatur.

 

 

 

 

Dengan ditetapkanya Permendikbud no 32 tahun 2018 merupakan penguatan terhadap peraturan pemerintah  tentang Standar Layanan Minimal (SPM) yang menyatakan bahwa salah satu layanan dasar di bidang pendidikan yang wajib disiapkan oleh pemerintah kabupaten/kota adalah layanan PAUD bagi anak usia 5 tahun sampai dengan 6 tahun”.

“Komposisi lembaga yang hadir disini menunjukan perkembangan positif, semua unsur dan lembaga di kabupaten Ogan Ilir mempunyai komitmen untuk melaksanakan program PAUD 1 tahun pra SD” tegas Dadang Sudarman Trisutalaksana.

Sementara itu, Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam mengatakan “Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir menyambut baik program wajib PAUD 1 tahun pra SD. Penumbuhan karakter sejak usia dini perlu terus digelorakan untuk mempersiapkan anak yang tangguh dimasa mendatang”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *