Kegiatan

BIMBINGAN TEKNIS PENGUATAN KEPALA SKB DAN PAMONG BELAJAR SKB SERTA PENDIDIK/ TUTOR BANTU DALAM PELAKSANAAN TUGAS DAN FUNGSI KELEMBAGAAN SE PROVINSI SUMSEL DAN KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

  

BP PAUD dan Dikmas Sumatera Selatan Tahun 2019 melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Kepala dan Pamong Belajar SKB dan Pendidik/ Tutor Bantu dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kelembagaan Se Provinsi Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung tanggal 21 s.d. 24 April 2019 di BP PAUD dan Dikmas Sumatera Selatan, Acara dibuka oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas Sumsel Bapak Drs. Dadang Sudarman Trisutalaksana didampingi oleh Kepala Subbag Umum Ibu Liska Piani, SE., M.Si dan Kepala Seksi PPSD Bapak Ir. Widodo.

Tujuan kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Kepala dan Pamong Belajar adalah  memberikan Pengetahuan dan Keterampilan Kepada Kepala SKB dan Pamong Belajar dalam merencanakan dan melaksanakan Kegiatan penyelenggaraaan Program PAUD dan Dikmas sehingga diharapkan Satuan Pendidikan Non Formal SKB memiliki Layanan Pendidikan bermutu dan dapat menjadi percontohan bagi satuan pendidikan lainnya. Sedangkan Tujuan Bimbingan Teknis Penguatan Pendidik/Tutor Bantu adalah untuk memberikan Pengetahuan, Keterampilan dan sikap tentang pelaksanaan tugas dan tanggung  jawab sebagai Pendidik/Tutor Bantu dan Pengelolaan bantuan Pendidik/Tutor Bantu Penyelenggaraan Program PAUD dan Dikmas di SKB. Memberikan Pengetahuan dan Keterampilan merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran program PAUD dan Dikmas untuk mendukung Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar dalam mempersiapkan pemenuhan Standar Nasional Pendidikan Program PAUD dan Dikmas yang diselenggarakan Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar. 

Peserta Bimtek Teknis Penguatan Kepala SKB dan Pamong Belajar sebanyak 31 orang sedangkan Peserta Bimtek Penguatan Pendidik/Tutor Bantu angkatan pertama  adalah Tutor Program Kesetaraan sebanyak 49 orang dari 17 Kab/Kota di Provinsi Sumsel dan Kepulauan Bangka Belitung.

Adapun Nara Sumber yang terlibat dalam kegiatan ini berasal dari :

  1. Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas
  2. Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan
  3. BP-PAUD dan Dikmas Sumatera Selatan
  4. UPT Balai Bahasa
  5. Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sumsel
  6. Perguruan Tinggi
  7. Organisasi Mitra PAUD dan Dikmas
  8. BAN PAUD dan PNF Sumsel.
  9. Praktisi Pendidikan

Kegiatan ini juga dihadiri Sekretaris Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas Kemendikbud bapak Dr. Wartanto yang memberikan materi  tentang Penguatan Mutu dan Penataan Ulang dan Program (Jenjang dan Jenis) PAUD dan Dikmas dan materi tentang Revitalisasi Mendukung Perluasan Akses Program PAUD dan Dikmas Dalam Upaya  Mencerdaskan Bangsa, Mengurangi Pengangguran dan Kemiskinan, kegiatan ini ditutup oleh Kasie Pengembangan Program dan Sumber Daya BP PAUD dan Dikmas Sumsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *